Sore - Sore Sroto

Doa saya terkabul dengan cepatnya.. akhirnya saya dapat takjil yang enggak biasa buat saya dengan nama Sroto.. kok bisa??.. jadi begini ceritanya..

Awal puasa saya minta jatah untuk mempersiapkan takjil di masjid kampung. Alasan terdalam saya biar saya dapat pahala puasa 😁😁😁 (enggak papa kaaan???). Nah saya tidak sendiri tetapi dengan 3 tetangga saya yang lain sebagai tim takjil masjid. Saya berencana untuk mempersiapkan takjil favorit saya yaitu aneka gorengan πŸ˜‰..lah ternyata para tetangga sudah mempersiapkan takjil andalan mereka yaitu Sroto..

Apa Sroto????..apa itu???.. salah sebut Soto kali... "Ini bukan Soto mbak.. sroto itu ya kaya Soto tapi bukan Soto ..ini asli Purwokerto" jelas tetangga saya. Weeh pengetahuan saya tentang masakan daerah ternyata masih dibawah rata rata dan ini jelas perlu di upgrade. Dan untungnya tim saya adalah orang-orang praktis yang mana sroto ini dibuat bukan dengan tangan kami sendiri tapi pesan langsung ke depot nya .. syukur alhamdulillah enggak ngadepin kompor.. πŸ€—πŸ€—

Saya memang bukan asli Jawa Tengah. Pengetahuan masakan saya yang saya banggakan adalah tentang Rawon, Tahu Tek, Rujak Cingur, Tahu Campur (jadi tau kan asal saya dari mana)..

Tibalah keesokan hari untuk saya mempersiapkan menu takjil di masjid. Tepat jam 16.30 orderan kami datang.  Dibawa menggunakan motor bebek dengan sisi kiri kanan dilengkapi keranjang itulah sroto-sroto kami ditempatkan.

Saya buka sterofom sebelum jam buka puasa karena saya penasaran dengan isinya. Dan inilah definisi Sroto versi saya. Sroto adalah seperti soto tapi menggunakan kuah berbumbu santan sebagai kuahnya. Komposisi isian didalamnya adalah ketupat, soun, irisan ayam, kecambah dan kacang tanah tumbuk serta krupuk sebagai pelengkap. Hmmm.. dari tampilan dan aroma kuahnya sudah menggoda saya. Pelan pelan saya siramkan kuah santan diatas isian. Dan tak lama setelah itu terdengar jelas kumandang adzan magrib (yaiyalah lha wong saya di dalam masjid)..
Setelah minum teh hangat tiba saat nya menyantap Sroto dan Oh My God.. entah ini efek puasa atau bukan tapi Sroto ini enaaaak banget.. bisik bisik orang orang di sebelah saya juga sepakat dengan saya bahwa Sroto ini enak. Dan beberapa tetangga mulai menanyakan keberadaan depot Sroto ini.. semoga  bulan berkah buat penjual Sroto karena ternyata tetangga satu tim saya bilang bahwa depot ini baru berdiri 2 minggu yang lalu dan langsung mencuri perhatian dengan kualitas Srotonya yang mak nyus. Tapi sepertinya saya harus membandingkan dengan Sroto asli di purwokerto ya.. nanti deh setelah lebaran.. 😁😁😁

Well saya jadi bersemangat untuk menghadiri undangan takjil .. dengan harapan menemukan masakan yang unsual buat saya...

Selamat berpuasa... dan jangan lupa selalu berbagi kebahagiaan ya.. karena berbagi kebahagiaan pada akhirnya adalah tentang menerima kebahagiaan yang lain...

😊

Catatan : Pict by Pinterest

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Let’s Read Berpetualang Menyelami Dunia Literasi Anak

Welcome Sakura 2021, Yangming Park Taiwan

Pak Bay dan Bahaya Rayuan Si Manis