Pembuatan Visa Resident Taiwan

Yah setelah pasport, proses selanjutnya adalah pembuatan Visa. Berbeda dengan negara negara lain yang melakukan pengurusan melalui KBRI, nah untuk negara Taiwan, kami melakukannya di kantor dagang yang disebut TETO (Taipei Economic and Trade Office). Tapi saya tidak kesana langsung, saya dibantu dengan pihak TEC (Taiwan Education and Trade Office) Surabaya dalam pengaturannya.

Nah, yang saya bahas kali ini adalah jenis Visa yang sesuai dengan kondisi saya sebagai istri yang mengikuti suami yaitu jenis Visa Resident atau Visa Ijin Tinggal.

Apa sajakah syaratnya?

1. Mengisi form aplikasi permohonan visa yang disediakan oleh website TETO
2. Menyerahkan sertifikat medical checkup (MCU) asli dan fotokopi. Untuk MCU hanya dapat dilakukan di RS yang ditunjuk TETO ya.
3. Melampirkan SKCK dari Polri
4. Melampirkan surat nikah
5. Foto diri background putih ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar

Keseluruhan dokumen ini harus diterjemahkan ke dalam bahasa mandarin dan harus dilegalisir Notaris, Kementrian Hukum dan HAM hingga TETO.
Nah jangan khawatir, untuk keseluruhan prosedur akan dibantu oleh pihak TEC, kita sih tinggal bayar dan bersabar karena semuanya butuh waktu 😄😄
Mengapa saya bilang bersabar, karena hasil visa saya dan suami jadi dengan berbeda hari. Suami saya lebih cepat selesai karena menggunakan jenis Visa Student, sementara saya 1 minggu lebih lama karena prosedur legalisir sebelum dimasukkan sebagai dokumen Visa lebih lama. Ya karena persyaratan Visa Resident sedikit lebih banyak ketimbang jenis visa lainnya.
But dont worry, karena semua indah pada waktunya, karena akhirnya saya bisa terbang ke Taipei dan bertemu suami saya tercinta. 😜

Oh ya untuk saya informasikan tidak semua kasus pasangan bisa langsung mendapatkan visa resident, karena kebetulan suami saya kuliah S3, maka saya mendapatkan kemudahan untuk bisa ikut serta suami. Hal ini berbeda ketika pasangan masih kuliah S1 atau S2, untuk peraturan saat ini mereka baru bisa ikut keluarga ketika pasangan minimal sudah satu tahun belajar di Taiwan. Jadi kalo mau always together ya keduanya harus sama sama sekolah atau salah satu bisa bekerja 😊

Next step, saya harus punya kartu khusus jalur warga asing lho.. semacam KITAS (Kartu Ijin Tinggal Terbatas) ya kalo di Indonesia tapi di Taiwan kita sebut ARC atau Alient Resident Card  but we're not  from Mars 😅😅😅 if you know what I mean.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Let’s Read Berpetualang Menyelami Dunia Literasi Anak

Welcome Sakura 2021, Yangming Park Taiwan

Pak Bay dan Bahaya Rayuan Si Manis