Pembuatan ARC (Alien Residence Certificate) Taiwan

Akhirnya sampai juga saya di Taipei, setelah melewati satu kejadian di bandara juanda surabaya yang lumayan buat saya dag dig dug 😅, apa itu?
Jadi seperti saya sampaikan di blog sebelumya, bahwa tidak semua Warga Negara Asing bisa langsung mendapatkan jenis visa resident. Saya sedikit tertahan di bagian ruang tunggu penumpang karena visa saya, padahal saya lolos check di bagian imigrasi lho 😆
Nah,  baru baru ini pemerintah Taiwan mengijinkan mahasiswa asing dengan strata S3 untuk langsung dapat membawa serta keluarga, dan kemungkinan maskapai China Airlines belum update masalah ini, jadi saya tertahan agak lama hingga saya menjelaskan status suami dan mengeluarkan dokumen berupa surat nikah yang telah dilegalisir pemerintah Taiwan. Dan ini kemungkinan juga karena keberangkatan saya tidak bersama suami, sehingga mereka sedikit mempertanyakan. But well finally I'm fly. 😥😥

Tiga hari setelah di Taipei, saya diantar suami (naik MRT yang keren itu lho 😎) ke kantor Imigrasi. Di kantor inilah saya melakukan kepengurusan ARC yaitu semacam kartu kependudukan untuk warga asing selama tinggal di Taiwan.
Caranya pun cukup mudah, yaitu :
1. Mengisi formulir untuk warga asing
2. Fotokopi dan asli paspor visa (asli untuk ditunjukkan)
3. Kartu ARC pasangan (dhi. suami saya) untuk ditunjukkan saja.
4. Asli hasil medical checkup  (untuk ditunjukkan saja)
5. Kopi salinan kontrak tempat tinggal (dhi. kontrak apartment saya)
6. Foto diri 1 lembar ukuran 4x6
7. Melakukan pembayaran sebesar 1000 NT$

Setelah itu petugas imigrasi akan memberikan informasi jadwal pengambilan kartu. Dan kartu saya dijadwalkan selesai dalam kurun waktu 2 minggu.
Mudah kan.. 😄😄😄

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Let’s Read Berpetualang Menyelami Dunia Literasi Anak

Welcome Sakura 2021, Yangming Park Taiwan

Pak Bay dan Bahaya Rayuan Si Manis